[Sekolah] Inilah Planet Terpanas Di Tata Surya

Share it:

terjoko.blogspot.com - Planet terpanas di Tata Surya? Planet Apa? Planet venus namanya.
Planet Venus merupakan planet kedua terdekat dari Matahari, setelah planet Merkurius. Planet Venus memiliki suhu yg sangat tinggi dan permukaannya hanya diisi oleh padang pasir, sangat tandus.

Inilah Planet Terpanas Di Tata Surya
Inilah penampakan planet Venus

Planet Venus memiliki suhu kurang lebih 462 derajat Celcius (735 K), ni disebabkan karena di planet ni dipenuhi dgn zat karbondioksida (CO2).
Karena kandungan zat CO2 yg tinggi, maka efek rumah kaca-pun terjadi. Apa itu efek rumah kaca?

"Efek Rumah Kaca & Pemanasan Global" Efek rumah kaca yakni efek yg ditimbulkan dari kandungan gas CO2 yg terlalu tinggi, efek ni mengakibatkan panas matahari terperangkap di dlm planet, artinya panas dari matahari hanya bisa masuk tapi tak bisa keluar.
Kenapa tak bisa keluar? karena panas matahari yg telah masuk dan ingin keluar tersebut akan terpantul kembali oleh atmosfer yg berisi gas CO2, Sehingga dpt meningkatkan suhu planet secara drastis yg dikenal dgn pemanasan global.
Pemansan Global / yg sering disebut Global Warming, adlh pertistiwa memanasnya seluruh permukaan bumi yg disebabkan tingginya kadar gas CO2

"Rotasi Planet Yang Lain dari Yang Lain" Keunikan dari planet Venus ini, yakni memiliki arah rotasi yg berlawanan arah dari planet yg lainnya. Jika di planet lainnya seperti bumi mataharinya terbit dari timur, tapi hal ni tak berlaku bagi si Venus ini. Arah rotasi planet venus yakni dari timur ke barat yg berarti Matahari akan terbit dari Barat di planet ini. Jika arah rotasi Bumi dari barat ke timur sehingga matahari terbit dari timur.
Note: Arah rotasi bukan tempat terbitnya matahari
Ibarat sebuah bola yg diputar ke arah barat (diputar dari timur ke barat), dan senter sebagai matahari maka matahari akan terbit dari barat. Begitupun sebaliknya.

"Bintang Kejora, Bintang Fajar dan Bintang Senja" Selain arah rotasinya yg berlainan dgn planet lain, ternyata planet Venus jg memiliki banyak julukan loh..
Julukan itu antara lain "Bintang Kejora", "Bintang Fajar", dan "Bintang Senja". Semua julukan tersebut diberikan karena si Venus ni terlihat sangat terang jika dibandingkan dgn cahaya bintang.
Tapi jangan salah, Venus bukan bintang loh ya, melainkan sebuah planet yg bersuhu sangat tinggi sehingga bisa memantulkan cahaya matahari dgn terangnya.

Share it:

Sekolah

Post A Comment:

0 comments: