[Pisang] Korean Ramyun - Mie Kuah Pedas Korea a la Just Try & Taste

Share it:
Korean Ramyun - Mie Kuah Pedas Korea a la Just Try & Taste
terjoko.blogspot.com - Shin ramyun merupakan merk mie instan a la Korea yg sangat terkenal baik di negaranya sendiri maupun di mancanegara. Menurut Wikipedia, mie instant ni bahkan telah dijual di 80 negara dan merupakan merk mie instan dgn penjualan yg tertinggi. Nah jika anda berkunjung ke supermarket besar terutama Lotte Mart maka sempatkanlah untk singgah sejenak di jajaran makanan dan bumbu Korea, disana anda akan menemukan mie instant ni di dlm bungkus merahnya yg khas. Harganya menurut saya cukup menguras kocek hanya untk sebungkus mie instant dan rasanya pun tak jauh berbeda dgn mie instant negara kita seperti Indomie. Rekan-rekan muslim di kantor saya yg maniak dgn produk Korea biasanya membeli ramyun instant vegetarian, perlu anda ketahui sangat sedikit sekali produk Korea yg dijual di Indonesia yg memiliki label halal pd kemasannya. Jadi versi vegetariannya setidaknya bisa menutupi rasa penasaran untk mencicipi mie instant Korea. ^_^

Korean Ramyun - Mie Kuah Pedas Korea a la Just Try & Taste
Korean Ramyun - Mie Kuah Pedas Korea a la Just Try & Taste
Gochujang/pasta cabai Korea

Sebenarnya apa ramyun itu? Ramyun / ramyeon merupakan sebutan dlm bahasa Korea untk mie tarik (la mian) a la China dan sebenarnya mirip dgn ramen dari Jepang. Makanan ni aslinya berasal dari China dan dibawa ke Jepang lebih dari 100 tahun yg lalu pd era Meiji (1868 - 1912). Ramen / ramyun umumnya terdiri atas mie yg terbuat dari tepung gandum dlm kuah kaldu berbumbu dgn aneka topping sebagai tambahannya. Walaupun terlihat sederhana tapi ramen a la Jepang sebenarnya menggabungkan banyak cita rasa dari aneka bahan yg digunakan di dlm kuahnya. Terkadang membutuhkan waktu sehari penuh untk menyajikan hindangan ni agar terbentuk harmonisasi yg utuh. Makanan ni kemudian mulai diperkenalkan di Korea pd tahun 1960'an dan menjadi terkenal bukan dari versi handmade-nya - dimana rasanya sangat tergantung dari koki yg membuatnya - melainkan dlm bentuk ramyun instant yg diproduksi secara masal dgn menggunakan teknik manufaktur yg dikembangkan oleh Jepang.

Korean Ramyun - Mie Kuah Pedas Korea a la Just Try & TasteKorean Ramyun - Mie Kuah Pedas Korea a la Just Try & Taste
Lupakan sejenak tentang Shin Ramyun karena anda sebenarnya bisa membuat ramyun sendiri di rumah seperti yg saya lakukan untk mengisi liburan kali ini. Hujan deras yg mengguyur Jakarta sejak siang hari hingga menjelang sore menjadikan cuaca hari ni pas untk menikmati semangkuk mie kuah yg pedas, panas, dan gurih. Resepnya saya adaptasikan dari web Serious Eats dan karena beberapa bahan sulit untk diperoleh maka mie kuah ni mungkin tak akan sama dgn ramyun yg sebenarnya. Sebagai jalan amannya serta mencegah seseorang dgn background Korea melemparkan bakiak ke saya maka saya tambahkan a la Just Try & Taste di belakang judulnya. ^_^

Walau tak terlalu original tapi mie kuah ni terbukti memiliki taste mantap seperti yg saya inginkan. Gurih, pedas, sedikit asin dan asam. Faktor utamanya adlh saya menggunakan kaldu homemade yg sudah saya persiapkan sebelumnya dan dibekukan di freezer. Sebagaimana mie kuah a la Chinese lainnya dan ramen a la Jepang maka kuah ramyun ni merupakan aktor yg sangat penting, dan menggunakan kuah kaldu yg mantap sangat menunjang rasanya.

Homemade Kaldu Daging - Sedikit repot, tetapi berharga untk dicoba!
Korean Ramyun - Mie Kuah Pedas Korea a la Just Try & Taste
Selain kuah kaldu yg nendang maka bumbu khas Korea seperti pasta cabai gochujang membantu untk memberikan rasa dan aroma khas yg mungkin akan sulit untk anda gantikan dgn bahan lainnya. Gochujang bisa anda peroleh di supermarket besar di bagian Korean Food / di supermarket Korea dan Jepang, untk ukuran 500 gram seperti yg saya tampilkan di foto harganya sekitar 40 ribu rupiah. Pasta ni terbuat dari fermentasi cabai merah, tepung ketan, kedelai yg difermentasi, dan garam. Secara tradisional gochujang di fermentasikan bertahun-tahun lamanya dlm bejana besar yg diletakkan di halaman. Selain untk melezatkan masakan maka gochujang jg mengandung protein, lemak, vitamin B2, vitamin C dan karotin. Banyak sekali masakan a la Korea yg menggunakan pasta cabai ini, yg umum kita kenali jika kita bersantap di resto Korea misalnya nasi campur / bibimbap, tteokbokki atau kue beras yg berlumur saus pedas, dan yangnyeom tongdak atau sayap ayam manis pedas.

Yangnyeom Tongdak - Sayap Ayam Manis Pedas a la Korea

Korean Ramyun - Mie Kuah Pedas Korea a la Just Try & Taste
Tidak ada yg sulit dlm membuat mie kuah pedas ini, saya menggunakan daging sapi sebagai proteinnya tapi tentunya sah-sah saja untk menggantikannya dgn daging ayam. Sayurnya pun tak harus caisim seperti yg saya tampilkan, anda bisa menggunakan sawi hijau, sawi putih, kubis, tauge, dan variasi jamur lainnya seperti merang, champignon / shiitake. Jika anda menggunakan jamur selain enokki maka tumis sebentar jamur dgn sedikit minyak hingga matang baru anda letakkan di atas ramyun sebagai topping, rasa jamur akan lebih sedap. Sedangkan untk enokki yg saya gunakan kali ni saya cukup mencelupkannya sebentar dlm air mendidih karena jamur ni sangat mudah layu dan matang.

Tidak perlu berpanjang-panjang lagi, berikut ni resep dan prosesnya ya.

Korean Ramyun - Mie Kuah Pedas Korea a la Just Try & Taste
Korean Ramyun - Mie Kuah Korea a la Just Try & Taste
Resep diadaptasikan dari Serious Eats - Homemade Shin Cup Style Spicy Korean Ramyun Beef Noodle Soup
Untuk 4 porsi

Tertarik dgn masakan a la Korea lainnya? Silahkan klik di link di bawah ini:
Yangnyeom Tongdak - Sayap Ayam Pedas Manis a la Korea
Yachaejeon - Pancake Sayuran dan Seafood a la Korea
Bulogogi - Semur Daging Sapi a la Korea

Bahan dan bumbu untk merebus daging: - 2 sendok makan minyak untk menumis - 300 gram daging sapi dgn sedikit lemak, potong sebesar 4 x 4 cm
- 1 buah bawang bombay, belah 2 dan rajang kasar
- 5 siung bawang putih cincang halus - 2 ruas jari jahe, cincang halus
- 2 batang daun bawang, rajang kasar
- 500 ml homemade kaldu daging sapi *
- 1 liter air

Bumbu untk kuah: - 2 sendok makan gochujang (pasta cabai Korea) **
- 2 sendok makan saus sambal botolan - 2 sendok teh cabai bubuk - 1 sendok makan soy sauce (kecap asin) - 1 sendok makan minyak wijen
- 1 sendok teh merica bubuk - 1 sendok makan air jeruk nipis
- 1 sendok makan gula pasir
- 2 sendok teh garam, tambahkan jika kurang asin
- 5 butir cabai rawit merah, rajang halus (optional)

Pelengkap ramyun:
- 2 batang caisim, lepaskan helaian batang daunnya biarkan utuh- 1 bungkus mie kuning berat sekitar 200 gram, rebus hingga matang
- 1 bungkus jamur enoki. bisa menggunakan jamur jenis lainnya seperti champignon, merang, enoki, tiram, / shiitake baik kering maupun segar
- 4 butir telur rebus, masing-masing belah menjadi 2 bagian
- 1 batang daun bawang, rajang halus untk taburan

Note:
*) Anda bisa menggunakan air biasa. Untuk membuat versi homemade-nya silahkan klik link disini.
**) Gochujang yg dijual di supermarket umumnya tak memiliki label halal, karena itu saya kembalikan ke anda masing-masing untk menggunakannya.
Cara membuat:

Korean Ramyun - Mie Kuah Pedas Korea a la Just Try & Taste
Siapkan panci, saya menggunakan panci tekanan tinggi. Masukkan dan panaskan hingga benar-benar panas 1 sendok makan minyak goreng. Tata potongan daging di dalamnya, masak hingga satu sisi kecoklatan, kemudian balikkan dan masak sisi sebelahnya.
Korean Ramyun - Mie Kuah Pedas Korea a la Just Try & Taste
Masukkan cincangan bawang putih dan irisan bawang bombay. Tumis hingga bawang menjadi layu dan kecoklatan. Tambahkan daun bawang, tumis sejenak hingga layu. Tuangkan air hanya agar daging terendam saja. Tutup panci sesuai intruksi panci tekanan tinggi anda masing-masing hingga terpasang dgn baik dan masak dgn api besar hingga terdengar bunyi berdesis, kecilkan api dan masak selama 20 menit. Pastikan katup uap panci terpasang selama proses perebusan.

Jika anda merebus dgn panci biasa maka rebus daging hingga empuk.

Jika telah 20 menit, matikan kompor, diamkan hingga uap habis dan terdengar bunyi klik tanda penutup panci bisa dibuka. Saring kuah kaldunya, sisihkan daging yg telah empuk dan buang ampas bumbunya. Tuangkan air kaldu kembali ke panci, tambahkan kaldu homemade dan air hingga volume kuah sekitar 1 liter. Rebus dgn api kecil.
Korean Ramyun - Mie Kuah Pedas Korea a la Just Try & Taste
Selama kuah direbus kita siapkan bumbunya. Dalam mangkuk kecil, aduk jadi satu gochujang, saus sambal, bubuk cabai, soy sauce, dan minyak wijen. Sisihkan.

Korean Ramyun - Mie Kuah Pedas Korea a la Just Try & Taste
Suwir-suwir daging menjadi potongan kecil, masukkan daging ke dlm adonan pasta cabai, aduk rata. Kemudian masukkan adonan daging dan pasta ke dlm panci berisi kuah, masak hingga mendidih. Tambahkan merica bubuk, garam, gula, cabai rawit iris, dan air jeruk nipis. Aduk rata dan cicipi rasanya. Tambahkan garam jika kurang asin. Angkat.

Korean Ramyun - Mie Kuah Pedas Korea a la Just Try & Taste
Siapkan sayuran, cuci bersih dan rebus sebentar dlm air mendidih hingga layu, angkat dan tiriskan.

Penyajian
Siapkan mangkuk, tata mie kuning rebus, sayur dan jamur. Letakkan potongan daging dan telur rebus. Siram dgn kuah panasnya. Santap selagi hot. Super yummy!

Sources:
Serious Eats - Homemade Shin Cup Style Spicy Korean Ramyun Beef Noodle Soup
Stripes Korea - They call it ramen, we call it ramyeon!
Wikipedia - Gochujang
Wikipedia - Shin Ramyun

other source : http://stackoverflow.com, http://justtryandtaste.com, http://google.com

Share it:

Bubur

Pisang

Post A Comment:

0 comments: