[Hobi] Merawat dan Memlihara Kelinci

Share it:

terjoko.blogspot.com - Kelinci bisa menjadi salah satu alternatif untk anda semua yg mungkin sedang mencari hewan peliharaan. Karena kelinci termasuk hewan yg sangat unik, lucu dan jg sangat menarik dan yg pasti kelinci jg merupakan hewan yg sangat lucu dan menggemaskan dan tak kalah sama kucing. Tapi yg menjadi masalah adlh banyak yg mengeluh soal cara merawat dan memelihara kelinci dikarenakan biasanya kelinci yg dibeli banyak yg tak bertahan lama. Apalgi jika dibeli saat kelinci tersebut masih kecil.

Merawat dan Memlihara Kelinci
Cara Merawat dan Memlihara Kelinci


Kelinci jg termasuk hewan yg aman untk dijadikan hewan bermain untk mainan anak-anak dibandingkan dgn kucing karena kelinci tak memiliki cakar seperti kucing yg tentunya bisa membahayakan. Sebenarnya beberapa orang memlihara kelinci dgn berbagai motif yg berbeda karena ada yg memlihara untk sekedar dijadikan hewan peliharaan, tapi ada jg yg merawat kelinci untk dijadikan bisnis seperti memlihara kelinci hias / jg memelihara untk menjual dagingnya. Tapi secara umum ada beberapa tips dan cara merawat dan memlihara kelinci.
Cara Merawat dan Memlihara Kelinci
Merawat Kandang (Bersihkan Kandang Kelinci Secara Teratur) Kandang / tempat tinggal kelinci dan jg hewan peliharaan lainnya tentu saja harus selalu dijaga kebersihannya. Karena jika tak dirawat kebersihannya kandang tersebut bisa menjadi sarang berbagi kuman / virus penyakit yg tentunya akan membuat kelinci kita mudah terkena penyakit. Apalagi kelinci sangat mudah sekali terkena jamur apalagi dibagian telinga dan jg hidungnya. Selain dijaga kebersihannya kandang jg harus ditaruh di tempat yg cukup terbuka supaya sinar matahari dpt masuk dan tak lembab sehingga kelinci bebas dari jamur.
Perhatikan Ukuran Kandang Ukuran kandang kelinci jg harus diperhatikan selain kebersihannya. Jika anda sedang mencari kandang untk kelinci usahakan untk mencari kandang yg memiliki ukuran minimal 50x50 cm. Selain itu jg siapkan tempat makan dan jg tempat minumnya dgn ketinggian yg cukup agar dpt diraih oleh kelinci dan jg agar tak terinjak-injak sehingga air minumnya tetap bersih.
Perhatikan Makanannya Kelinci merupakan hewan yg suka mengkosumsi sayuran maupun umbi-umbian. Kelinci meyukai sayur seperti kangkung, wortel, daun ketela rambat, kol dan lain sebagainya. Jika anda memlihara kelinci yg masih kecil anda bisa memberinya makanan seperti daun sawi karena sayuran ni mengandung kadar air yg cukup tinggi sehingga anda tak perlu memberikanya banyak minum. Banyak yg percaya kalau kelinci akan mati jika diberikan terlalu banyak air minum akan tetapi saya percaya tiap mahkluk hidup tentunya memerlukan air minum sehingga tak perlu takut untk memberikan banyak air minum.
Perhatikan Cara Memegang Kelinci Sebagai hewan yg lucu dan menggemaskan tentunya kelinci sangat suka di pengang-pegang. Tapi tahukah anda jika cara memegang kelinci sebenarnya tak boleh sembarangan karena bisa berakibat kematian. Salah satunya adlh dgn mengangkat kelinci denga cara memegang telinganya. Hal seperti itu sangat umum dilakukan akan tetapi hal itu sebenarnya bisa berakibat kematian pd kelinci karena dgn mengangkat dgn memegang telinganya bisa membuat kelinci menjadi stres akibat ketakutan apalagi kelinci tersebut masih kecil.
Tips Merawat dan Memelihara Kelinci

  • Usahakan untk tak membeli kelinci yg masih kecil dgn umum sekitar 2 bulan, karena jika anda membeli kelinci dgn umur masih sekitar 2 bulan akan mengakibatkan kelinci tersebut mudah mati karena kekebalan tubuhnya masih rentan.
  • Harus lebih hati-hati dlm membeli kelinci di pinggir jalan maupun di pet shop. Karena biasanya kelinci yg dijual usianya masih kurang dari 2 bulan dan masalahnya jg kita sebagai pembeli tak mengetahui pasti umur kelinci yg dijual tersebut. Untuk itulah haru berhati-hati.
  • Kelinci tetap membutuhkan minum seperti mahkluk hidup pd umumnya walaupun banyak yg mengatakan bahwa kelinci tak membutuhkan banyak minum.
  • Walaupun kangkung merupakan makanan kesukaan kelinci akan tetapi sebetulnya kangkung tak begitu baik buat kelinci dikarenakan kangkung merupakan tumbuhan yg menyimpan banyak gas yg dpt memberikan potensi gas yg yang tinggi dan dpt mengakibatkan air kencing bau amoniak.
  • Musim hujan bukanlah penyebab kematian kelinci seperti yg banyak dikatakan orang, yg membuat banyak kelinci mati saat musim hujan adlh kelembapan kandang dan jg kebersihannya. Karena pd saat musim hujan makan kandang akan menjadi lebih lembab sehingga akan membuat kelinci mudah terkena jamur yg bisa mengakibatkan kematian. Untuk itu perhatikan kandang kelinci anda pd saat memasuki musim hujan.
  • Kandang yg jorok dan kotor jg lembab akan mengakibatkan kudis / budugen. Selain itu jg kuku kelinci yg sering menginjak kotoran dpt menularkan penyakit kudis tersebut ke telinga. Untuk itu sangat wajib untk menjaga kebersihan kandang dan jg kuku kelinci tersebut sehingga bebas dari berbagai penyakit dgn dibersihkan dgn air hangat.
  • Wortel sangat baik bagi kelinci yg masih kecil maupun yg sudah dewasa. Wortel memiliki gizi yg sangat tinggi sehingga akan sangat baik bagi kelinci apalagi yg masih anakan. Tapi anda harus menghindari wortel yg kotor karena bisa jadi sudah tercemar berbagai penyakit.
  • Jangan membawa kelinci anda di dlm kardus karena kardus menimbulkan panas dan jg sumpek. Banyak sekali kejadian bahwa kelinci mati setelah beberapa hari di bawa pergi jauh dgn mengunakan kardus. Saat berada di dlm kardus kelinci akan merasa stress dan jg dehidrasi yg akan beruju kepada kematian.
Itulah beberapa tips cara merawat dan memelihara kelinci yg bisa saya bagiakan kepada anda semua. Yang penting yg harus diingat adlh kelinci jg merupakan mahkluk yg butuh kasih sayang jadi jangan lupa untk memberikan kasih sayang disamping memberikan perawatan dan jg pemeliharaan yg baik. Baca jg artikel mengenai hobi lainya yaitu cara merangkai bunga mawar segar

Share it:

Hobi

Post A Comment:

0 comments: