[Hobi] Merawat Kuku Tangan Dan Kaki

Share it:

terjoko.blogspot.com - Kali ni saya ingin membahas mengenai bagian yg cukup penting dari tubuh kita yg sepertinya seringkali diabaikan, yaitu bagaimana cara merawat kuku agar tetap sehat dan kuat. Kita mengandalkan kuku untk mengupas buah ataupun membuka tutup kaleng. Mungkin terkesan sedehana, tapi sebenarnya itu adlh hal yg besar, karena faktanya kuku kita terbuat dari jenis protein yg sama dgn rambut. Kuku kita terbuat dari protein yg disebut keratin, protein yg jg menjadi bagian dari mata kita.

Merawat Kuku Tangan Dan Kaki
Setiap kuku terdiri dari enam bagian. Pertama adlh lipatan kuku, yaitu punggung kulit di sekitar kuku. Bagian kedua yaitu yg biasa kita sebut sebagai kuku (tangan ataupun kaki), adlh lempeng kuku. Di bawah lempeng kuku adlh kasur kuku, yg bertugas menutrisi kuku. Sedangkan bentuk setengah lingkaran yg berada di dasar kuku disebut dgn lunula. Itu merupakan bagian dari matriks kuku yg ada di dasar tiap kuku, meskipun anda tak bisa melihatnya. Matriks kuku berada bawah kutikula, yaitu lipatan kulit yg terbuat dari sel-sel mati yg membuat bakteri tak dpt masuk. Fungsi matriks kuku adlh membuat sel-sel yg dibutuhkan kuku untk dpt tumbuh.
Kuku adlh protein yg sedikit agak rumit, dan jika kita mengabaikannya, maka kemungkinan besar akan muncul masalah. Yang paling umum sering dikeluhkan adlh masalah kuku rapuh, mudah terkena infeksi / kita mudah sekali merusaknya. Tips kesehatan dan kecantikan kali ni akan mengajarkan bagaimana cara merawat kuku secara alami sendiri di rumah, jadi anda tak perlu bergantung pd mani-pedi. Cukup ikuti perawatan dasar ini, maka jari-jari dan kuku anda (tangan maupun kaki) akan selalu terlihat sehat dan indah.Pengobatan Untuk Kuku Rapuh dan Mudah Patah Kuku rapuh yg mudah bengkok, terkelupas, dan mudah patah adlh keluhan yg umum.
Kuku rapuh bisa terjadi karena kuku yg terlalu kering ataupun kuku yg terlalu lembut. Karena itu, para ahli seringkali memberikan 2 rekomendasi untk perawatan kuku rapuh, yaitu mengoleskan pelembab ringan tiap hari dan menghindari bahan kimia.
Menerapkan pelembab pd kuku dan kutikula akan membantu mengunci air dlm kuku, yg mana ni baik untk kekuatan dan kesehatan kuku. Selain menjaga kuku tetap terhidrasi, para ahli menyarankan untk menghindari bahan kimia, termasuk produk pembersih dan makanan asam, seperti lemon dan jeruk. Menggunakan sarung tangan saat membersihkan perabot dgn pembersih adlh salah satu cara merawat kuku tangan yg disarankan, sarung tangan berbahan vinil digunakan untk pekerjaan basah dan bahan kapas untk pekerjaan kering.
Cara Melembabkan Kuku Yang Benar
Menjaga kuku tetap lembab tidaklah sama dgn membuat kuku selalu basah. Dimana hal-hal buruk justru akan terjadi ketika kuku terlalu lama terkena air (misalnya, di dlm sepatu berkeringat), karena kuku yg terlalu lembab akan menarik bakteri.Mencegah Cedera Pada Kuku
Kuku tangan ataupun kuku kaki anda berfungsi untk membantu mencegah cedera pd jari anda, sehingga tak heran jika suatu saat mereka akan terluka (seperti terkena palu / lainnya). Cedera pd kuku dpt menyebabkan memar, infeksi, dan terkadang dpt menghambat pertumbuhan kuku.
Menjaga kuku tetap pendek dpt membantu mencegah cedera pd kuku anda, seperti kuku terkelupas / terkoyak. Dan walaupun anda tak bisa selalu mencegah kecelakaan seperti jari yg terjepit pintu ataupun laci, anda dpt mengurangi resiko trauma pd kuku dgn sedikit akal sehat, yaitu Jangan gunakan kuku anda seolah-olah mereka adlh alat!

Apa yg anda ketahui tentang pertumbuhan kuku?
Berikut adlh beberapa fakta tentang kuku anda: Kuku tangan tumbuh lebih cepat daripada kuku kaki. Kuku jari tangan tumbuh sekitar seperdelapan inci tiap bulan. Kuku jg tumbuh lebih cepat pd tangan dominan anda, terutama pd kuku jari tengah dan jari manis (jari terpanjang anda).

Mengenai Infeksi Jamur Pada Kuku Meskipun jamur dan bakteri sama berbahayanya untk kuku tangan dan kaki, tapi kemungkinan besar infeksi jamur lebih mudah berkembang pd kuku kaki daripada kuku tangan. Hal ni umumnya karena jamur yg menyebabkan infeksi pd kuku dpt berkembang dgn cepat dlm suhu yg hangat dan tempat-tempat lembab, seperti di dlm kaus kaki anda.
Karena itu, untk mencegah infeksi jamur menyerang kuku kaki anda, jaga semua kuku dan kutikula tetap bersih dan kering dgn menggunakan scrub baking soda, dan obati kuku yg tumbuh ke dlm (melingkar) dgn merendamnya di air asin agar tetap bersih dan bebas infeksi. Itu adlh cara merawat kuku kaki yg harus rutin anda lakukan.
Jika terdapat tanda-tanda adanya infeksi jamur pd kuku kaki, maka obat antijamur topikal yg mengandung clotrimazole / miconazole dpt membantu untk mengatasinya. Tapi bila infeksi masuk ke dlm / di bawah kuku, maka anda mungkin perlu resep obat yg lebih kuat untk mengobatinya.
Tips Memotong Kuku
Mencari cara yg lebih mudah untk memotong kuku anda? Rendam kuku anda dlm larutan air asin hangat selama 5 sampai 10 menit, setelah itu anda bisa langsung memotongnya.

Suplemen Yang Bermanfaat Bagi Kuku Apakah ada vitamin / suplemen yg dpt membuat kuku menjadi kuat dan sehat? Walaupun bukan pil ajaib, beberapa penelitian telah membuktikan bahwa vitamin biotin dpt membantu membuat kuku lebih tebal, keras, dan sekaligus lebih kuat. Bagi orang-orang dgn kuku rapuh dan kuku yg tipis, ni adlh yg anda butuhkan. Cara termudah untk meningkatkan asupan biotin anda adlh dgn suplemen, tapi makanan yg kita makan tiap hari jg banyak yg kaya akan vitamin B, seperti ikan salmon, wortel, hingga pisang.
Selain itu, maka belum ada bukti ilmiah yg menyatakan jika ada vitamin / suplemen lain yg bermanfaat untk menambah kekuatan dan kesehatan kuku. Seperti halnya klaim yg mengatakan bahwa merendam kuku dlm gelatin akan meningkatkan kekuatan dan mempercepat tumbuh panjangnya kuku, itu hanyalah mitos.
Tips Melakukan Manikur-Pedikur
Jadilah cerdas dgn perawatan kosmetik untk kuku anda. Hindari pemakaian kuteks dan produk kuku lainnya yg mengandung formalin (formaldehyde), hindari lem yg biasa digunakan untk menempelkan kuku palsu, dan hindari / kurangi penggunaan produk yg mengandung aseton, seperti produk-produk penghilang (penghapus) kuteks. Semua hal tersebut dpt menyebabkan kekeringan, iritasi, dan jg reaksi alergi pd beberapa orang. Terakhir, hindari memotong kutikula anda, karena hal ni akan membuka pintu masuk untk bakteri dan terjadinya infeksi.
Bagaimana? Tidak sulit bukan untk memiliki kuku yg sehat, kuat, dan indah? Anda hanya perlu merawatnya secara rutin dan memperlakukannya dgn baik. Semoga penjelasan mengenai tips cara merawat kuku tangan dan kaki yg saya sampaikan diatas dpt bermanfaat bagi anda semua!

other source : http://youtube.com, http://imgur.com, http://carauntuk-terbaru.blogspot.com

Share it:

Hobi

Post A Comment:

0 comments: