[Sekolah] Manusia Kini Diperbudak Oleh Teknologi

Share it:

terjoko.blogspot.com - Kali ni saya akan membuat postingan sesuai judul di atas yaitu tentang masalah teknologi. Teknologi memang memberi banyak manfaat bagi umat manusia, tapi apa jadinya kalau teknologi tak dpt / belum kita kendalikan sepenuhnya,
Sudah pasti akan membawa bencana besar bagi kita umat manusia.

Manusia Kini Diperbudak Oleh Teknologi
Inilah Film Terminaor,
Robot yg menghancurkan dunia

Masih ingatkan anda dgn film Terminator?
Ya, film terminator ni bercerita tentang peradaban umat manusia yg terancam karena teknologi yg diciptakannya sendiri.
Kira-kira seperti itulah akibatnya kalau kita tak mampu menguasai teknologi, maka teknologi lah yg akan menguasai kita.
Nah, berikut ni beberapa kerugian yg ditimbulkan oleh teknologi yg tak terkendali

Kecelakaan Kendaraan

Kecelakaan kendaraan ni benar benar menunjukkan betapa hebatnya teknologi mempengaruhi kita. Teknologi transportasi yg belum bisa kita kuasai sepenuhnya dpt membahayakan keselamatan diri sendiri maupun orang lain.
Dan naasnya, pengguna kendaraan bermotor justru makin bertambah siring berjalannya waktu..
Akan tetapi pemahaman manusia tentang kendaraan masih kurang, bahkan banyak anak dibawah umur yg telah memiliki motor sendiri..
Didukung oleh infrastruktur yg tak memadai, maka kecelakaan menjadi hal yg wajar di negara kita.

Penipuan Media

Segala bentuk penipuan terjadi di banyak media, tak hanya internet, tapi media lainnya juga.
Semua ni disebabkan masih rendahnya pengetahuan manusia, penipuan melalui media massa menjadi pilihan tepat bagi para penjahat, karena mereka bisa merahasiakan identitas kita tanpa perlu bertatap langsung.
Dan hal tersebut akan menyulitkan penegak hukum untk melacak keberadaan si penipu ini.
Ajang penipuan di media sosial bahkan dpt berujung penculikan, sungguh tragis.
Oleh sebab itu, kita harus berhati hati dan selalu mengawasi anak / keluarga kita supaya teknologi dpt memberi manfaat bukan sebaliknya.

Pencemaran Lingkungan

Semakin meningkatnya kebutuhan manusia akan teknologi, maka industri teknologi pun semakin menjamur di berbagai negara bukan hanya di Indonesia tapi di seluruh dunia.

Namun, hal tersebut justru membawa efek negatif bagi bumi tempat kita tinggal ini.
Kenapa membawa efek negatif? karena jika industri teknologi tak dikelola dgn baik, lebih tepatnya jika pihak perusahaan tak mengelola limbah pabrik dgn lebih hati-hati, maka petaka lah yg akan kita hadapi.

Limbah pabrik dari hasil industri teknologi dan energi ni dpt membahayakan kelangsungan hidup makhluk bumi, bukan hanya manusia, tapi jg hewan dan tumbuhan.
Sebagai contoh, Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) jika limbah pabrik yg berupa radiasi tak mampu kita kelola, maka radiasi tersebut bisa membunuh jutaan makhluk di bumi dan bahkan bisa menyebabkan mutasi genetik dan hal ni akan menghancurkan masa depan manusia.

Kesimpulan
Pada kenyataannya manusia masih terlalu dini dlm mengendalikan teknologi, butuh waktu ratusan bahkan mungkin ribuan tahun bagi manusia untk bisa menguasai teknologi secara keseluruhan.
Hal yg bisa kita lakukan sekarang ni setidaknya dgn menggunakan teknologi secara bijak dan hati hati supaya bumi kita ni akan terus ada hingga tiba saatnya generasi masa depan yg mampu menaklukan teknologi.

source : http://flickr.com, http://instagram.com

Share it:

Sekolah

Post A Comment:

0 comments: