[Hak guna usaha] PENGERTIAN DEFINISI SISTEM AGROFORESTRI KOMPLEKS: Hutan dan Kebun

Share it:

terjoko.blogspot.com - Pengertian dan definisi Sistem agroforestri kompleks adlh suatu sistem pertanian menetap yg melibatkan banyak jenis tanaman pohon (berbasis pohon) baik sengaja ditanam maupun yg tumbuh secara alami pd sebidang lahan dan dikelola petani mengikuti pola tanam dan ekosistem menyerupai hutan.

Di dlm sistem ini, selain terdapat beraneka jenis pohon, jg tanaman perdu, tanaman memanjat (liana), tanaman musiman dan rerumputan dlm jumlah banyak. Penciri utama dari sistem agroforestri kompleks ni adlh kenampakan fisik dan dinamika di dalamnya yg mirip dgn ekosistem hutan alam baik hutan primer maupun hutan sekunder, oleh karena itu sistem ni dpt pula disebut sebagai Agroforest (Icraf, 1996).

Berdasarkan jaraknya terhadap tempat tinggal, sistim agroforestri kompleks ni dibedakan menjadi dua, yaitu kebun / pekarangan berbasis pohon (home garden) yg letaknya di sekitar tempat tinggal dan ‘agroforest’, yg biasanya disebut ‘hutan’ yg letaknya jauh dari tempat tinggal (De Foresta, 2000). Contohnya ‘hutan damar’ di daerah Krui, Lampung Barat / ‘hutan karet’ di Jambi.


PENGERTIAN DEFINISI SISTEM AGROFORESTRI KOMPLEKS: Hutan dan Kebun

source : http://imgur.com, http://bbc.co.uk

Share it:

Hak guna usaha

Post A Comment:

0 comments: