Rahasia Tidur dan Sholat Tahajud [Must Read]

Share it:

terjoko.blogspot.com - Umumnya orang beranggapan bahwa tidur malam yg baik memerlukan waktu sekitar enam hingga delapan jam sehari. Tetapi ketahuilah bahwasanya pendapat ni ditentang oleh para saintis barat seperti dr Ray Meddis, seorang Profesor di Department of Human Sciences, England University of Technology yg mengatakan bahwa manusia sebenarnya hanya perlu tidur malam selama TIGA JAM. :

Rahasia Tidur dan Sholat Tahajud [Must Read]

Waktu tidur bisa dibagi kedalam dua bagian yaitu tidur ayam dan tidur lelap. Mimpi biasanya terjadi pd tidur lelap (deep sleep). Manusia perlu berlatih untk bisa tidur lelap karena tidur ayam adlh masa berangan-angan yg sebenarnya hanya membuang waktu saja. Tidur yg sebenarnya ialah ketika tidur lelap dgn mengacu pd kajian saintis barat yaitu cukup selama TIGA JAM. :

Kita merasakan bahwa tidur malam kita selalu tak cukup. Ini disebabkan karena kita tak terlatih / mengikuti aturan yg benar ketika kita tidur. Apabila seseorang atlit (atlet lari,misalnya) ketika hendak mengikuti lomba lari maka dia akan berlatih mungkin sekitar setahun sebelum perlombaan itu dimulai. Dengan demikian dia berharap bisa menjadi juara. Demikian jg dgn kita, harus melatih diri kita tidur sesuai aturan yg baik

Menurut kajian ahli pengobatan barat, sebelum kita pergi tidur, pertama-tama kita akan merasa mengantuk (drowsiness) di mana suhu badan kita akan menurun. Dengan mengatur waktu tidur dan menggunakan termometer kita bisa melatih diri kita untk tidur bila perlu. Tidur yg teratur dpt mengefektifkan waktu kita terutama untk beribadah di malam hari serta untk mengerjakan hal lainnya. Di dlm Al-Quran disebutkan ada segolongan manusia yg masuk surga karena ibadah malamnya dgn mengurangi waktu tidur malamnya.


Rahasia Tidur dan Sholat Tahajud [Must Read]

Firman Allah dlm Al-Quran yg bermaksud : sesungguhnya orang-orang yg bertaqwa ada di dlm surga dan dekat dgn air yg mengalir. Sambil mengambil apa yg diberi oleh tuhan mereka. Sesungguhnya mereka sebelum ni di dunia adlh orang-orang yg berbuat baik. Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam. Dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun kepada Allah. (Surah Az-Zariat ayat 15-18)

Rasulullah SAW telah memberikan contoh yg baik bagaimana tidur yg benar lengkap dgn doa-doanya. Sebagai ringakasan mungkin kita bisa latihan untk tidur malam seperti :

1. Makan malam sedikit saja cukup sekedar supaya tak lapar. Jika kita makan malam yg banyak maka akan menyebabkan kita cepat mengantuk dan susah bangun dari tidur

2. Tunaikan Sholat Isya’ sebelum tidur.

3. Bersihkan tempat tidur seperti seprei, bantal,kasur dan lain-lain dari kotoran.

4. Amalkan doa-doa sebelum dan sesudah tidur seperti yg diajarkan Rasulullah SAW.

5. Kurangi waktu tidur dari delapan jam sehari menjadi tujuh jam sehari untk bulan pertama latihan; pd bulan kedua kurangi waktu tidur malam menjadi enam jam sehari, seterusnya pd bulan ketiga menjadi lima jam sehingga kita bisa tidur untk waktu tiga jam saja.

Cara bangun tidur jg ada hal perlu diikuti untk menjaga kesehatan dan menghindarkan diri dari pelbagai penyakit. Umpamanya kita yg suka bangun tidur terus langsung melompat dari tidurnya maka beresiko terkena penyakit jantung dan bisa menyebabkan meninggal. Demikian menurut pendapat seorang doktor dari china - dr Huang Guoxiong dari Badan Pengobatan Lioning.

Pendapat Ahli Sastra Barat

Ada jg ahli sastra barat yg menceritakan mengenai pentingnya mengurangi tidur untk mencapai kinerja yg baik. Bila ditanya apakah rahasia kesuksesan mereka? Mereka menjawab: the woods are lovely, dark and deep but i have promises to keep and miles to go before i sleep. maksudnya taman itu indah, gelap dan tebal tetapi saya mempunyai aturan yg harus dilaksanakan terlebih dahulu sebelum saya tidur.

the heights by great men reached and kept were not attained by sudden fight. But while their companions sleep were toiling upwards in the night. - Longfellow maksudnya pencapaian kerja yg tinggi oleh orang-orang ternama/sukses tak didapati serta merta tetapi mereka bekerja keras sehingga larut malam pd waktu teman-temannya/yang lain sedang nyenyak tidur. ni jelas menunjukkan mereka meminimalkan waktu tidur untk mencapai kesuksesan dlm hidup mereka.

Rahasia Sholat Tahajud

Rahasia Tidur dan Sholat Tahajud [Must Read]

Sekarang kita kembali kepada perbincangan tentang Sholat Tahajud. Apakah kebaikan dan kelebihan yg kita peroleh dari mengerjakan sholat tahajud sementara yg lain sedang nyenyak tidur!?

Dari sisi logis, mungkin kita tak mengerti bahwa perintah Allah itu mendatangkan kebaikan. Sesungguhnya Sholat Tahajud meneguhkan iman kita, jiwa kita, mental kita untk menghadapi masalah hidup duniawi dan lain-lain.

Kemudian dari sisi sains pengobatan, kita akan menyedot oksigen di atmosfer bumi sekitar jam tiga pagi hingga terbit matahari dan menggerakkan otot-otot di dlm badan kita yg akan menyegarkan badan dan melancarkan aliran darah ditubuh kita.

Kedua hal tersebut, yaitu oksigen dan gerakan otot sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia. Oksigen akan hilang dari atmosfer bumi selepas matahari terbit dan tak datang lagi sampai besok pagi. Hanya manusia yg bangun pd waktu ni yg dpt menikmati oksigen tersebut.

Coba kita kaji pergerakan otot-otot kita ketika sholat. Secara kasar, pertama kita berdiri tegak (qiyam) kemudian mengangkat kedua tangan bertakbir dan meletakkan tangan di atas dada - kita telah membesarkan rongga dada kita sehingga paru-paru akan terasa lapang serta menggerakkan otot di kedua belah tangan.

Ketika ruku’ dgn badan membungkuk ke depan dan kedua tangan di atas kepala lutut dan punggung mendatar (parallel to the ground) sekaligus menggerakkan ruas-ruas tulang punggung, tulang leher, tulang pinggang dan tulang tungkai.

Ketika sujud, seluruh berat badan tertumpu sepenuhnya di atas otot-otot kedua tangan, kaki. Dada, perut, punggung, leher dan otot-otot kaki. Lihat saja pd waktu sujud ni berapa banyak otot dan persendian yg kita gerakkan.

Setelah itu kita bangkit dari sujud. Kita duduk, kemudian kita sujud lagi dan sesudah itu kita berdiri kembali. Dalam gerakan badan kali ni secara automatik kita telah menggerakkan sejumlah besar otot-otot di dada , bahu, lengan, perut, punggung, paha, kaki bagian bawah dan otot-otot lainnya. Selain itu kita jg melakukan dua jenis duduk - pertama duduk antara dua sujud dan kedua duduk tahiyat. Kedua jenis duduk ni menggerakkan tumit , pangkal paha, selangkangan, jari-jari kaki dan lain-lain.

Ketika kita memberi salam, kita menggerakkan otot-otot leher tengkuk dan lain-lain.
Kalau kita lihat dari dua hal di atas yaitu menghirup oksigen yg istimewa dan gerakan otot-otot yg semuanya itu sudah tentu akan menyehatkan tubuh kita. Sholat Tahajud bisa jg menjauhkan penyakit pinggang yg selalu menyerang orang yg banyak tidur dan bangun lewat dari tidur malam.

dan pd sebagian malam hari bersembahyang Tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu: Mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkatmu ke tempat yg terpuji. (QS Al-Isra’; 79)

"sesungguhnya orang-orang yg bertaqwa ada di dlm surga dan dekat dgn air yg mengalir. Sambil mengambil apa yg diberi oleh tuhan mereka. Sesungguhnya mereka sebelum ni di dunia adlh orang-orang yg berbuat baik. Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam. Dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun kepada Allah. (QS Az-Zariat; 15-18)

TS dlm hal ni bukan bermaksud ingin menggurui, sok alim, / apalah namanya. Hanya ingin mengajak, marilah kita bersama belajar, sedikit demi sedikit, perlahan, untk menjadi insan yg lebih baik. Sholat Tahajud hanya salah satu cara u/ meningkatkan ketakwaan kita terhadap Allah SWT [Tuhan YME]. Mari kita syukuri semua nikmat yg telah diberikan kpd kita, dan senantiasa memohon ampunannya atas segala dosa dan kesalahan yg telah kita perbuat selama ini.
mari kita mulai dari diri kita sendiri, mari kita mulai dari sekarang!


sumber :www.blogger.com/blogger.g?blogID=2610789806918825755#editor/target=post;postID=708569628416032469

Share it:

Popular on September

Post A Comment:

1 comments: