[Inspirasi] Tips Memilih dan Menetukan Lokasi Usaha Kuliner Kecil-kecilan

Share it:
Tips Memilih dan Menetukan Lokasi Usaha Kuliner Kecil-kecilan
terjoko.blogspot.com - Lokasi usaha sangat vital pengaruhnya terhadap usaha yg sedang / akan anda jalankan. Dimana pemilihan lokasi tersebut tak bisa asal jadi melainkan harus dgn beberapa perhitungan yg matang. Terlebih lagi jika usaha yg kita miliki merupakan usaha yg baru dimulai / istilahnya merintis, beda lagi jika usaha kita sudah berjalan dan memiliki popularitas dan daya saing tinggi maka dimanapun kita mendirikan cabang usaha selalu dituju pembeli. Disini kita akan membicarakan usaha rintisan kecil-kecilan, dan anggap saja produk yg akan kita jual berupa makanan / camilan.
Tips Memilih Lokasi Usaha Kuliner Kecil-kecilan
Pertama, yg harus kita perhatikan dlm memilih lokasi usaha adlh lingkungan itu sendiri. Usaha modal kecil bisa dikatakan identik dgn masyarakat menengah ke bawah, letaknya di pinggir jalan, dimana calon pembelinya sebagian besar adlh masyarakat sekitar. Untuk itu carilah tempat yg ramai seperti persimpangan jalan yg dekat dgn pemukiman dan perhatikan pula kondisi jalan tersebut. Jika kondisi jalan ramai tapi arus lalu lintasnya cenderung pelan maka lokasi tersebut bisa dijadikan tempat kita berjualan. Jika kondisi jalan lengang dan arus lalu lintasnya cenderung lancar, maka kecil kemungkinannya orang-orang yg melewati jalan tersebut menyadari usaha kita. Alternatif lain, kita bisa menumpang di areal perbelanjaan seperti minimarket, tapi lokasi semacam ni biasanya memerlukan sewa. Untuk itu kita harus menghubungi pengelola yg bersangkutan, menanyakan apakah sudah pernah ada usaha yg sejenis apa belum, kalau diperbolehkan sewanya berapa dan prosedurnya bagaimana.
Kedua, perhatikan jg usaha lain yg serupa dgn usaha kita. Jika ada usaha lain yg serupa dgn usaha yg akan kita mulai dgn jarak yg relatif dekat dan sudah beroperasi lumayan lama, maka kemungkinan usaha kita akan kalah bersaing dikarenakan mereka sudah mempunyai pelanggan. Ini bukan masalah pesimistis dan meragukan rejeki yg ditentukan sang Pencipta, melainkan kita saling menghargai di bidang usaha yg sama.
Ketiga, sebisa mungkin pilihlah lokasi yg teduh, agak lapang dan landai. Jika kebetulan rejeki kita bagus dgn pembeli yg lumayan bahkan sampai mengantri, maka hal ni penting. Jangan sampai calon pembeli kita kabur gara-gara malas menunggu antrian, setidaknya ada tempat untk memarkirkan kendaraan sementara tanpa mengganggu pengguna jalan yg lain.
Keempat, kebersihan lingkungan sekitar. Kebersihan lingkungan tempat berjualan sangat berpengaruh terhadap usaha yg berhubungan dgn makanan. Jangan sampai calon pembeli merasa jijik dgn lingkungan yg kotor, walaupun makanan yg kita jual terjamin kebersihannya, lingkungan kotor terlebih disertai aroma tak sedap semisal bau yg keluar dari saluran air dpt menghilangkan selera pembeli.
Dalam dunia usaha, pelanggan adlh raja. Mendapatkan pelanggan itu tak mudah, diperlukan kesungguhan dan ketekunan dlm menjalaninya. Sekali mendapat pelanggan, jagalah kepercayaan mereka dan jalankan usaha dgn penuh kejujuran dan sepenuh hati. Semoga dpt bermanfaat.
.

Share it:

Inspirasi

Post A Comment:

0 comments: