[Biologi] Pengertian Jaringan dalam Biologi

Share it:
terjoko.blogspot.com - Pengertian Jaringan - Sederhananya, pengertian jaringan dlm biologi dlm "Sekumpulan sel yg memiliki kesamaan dari segi bentuk dan fungsi".
Jaringan merupakan salah satu tingkatan dlm organisasi kehidupan. Dimulai dari sel sebagai unit terkecil yg struktural dan fungsional kemudian jaringan lalu organ, sistem organ kemudian membentuk spesies dan seterusnya.
hal yg perlu anda ketahui adalah, suatu organisme dikatakan memiliki jaringan berarti merupakan sebuah organisme multiseluler. Selanjutnya, sebuah kumpulan sel yg sama mulai dari bentuk (struktural) dan fungsinya haruslah terhubung dgn kuat / sering disebut sebagai sel agregat. Sebuah sel yg membentuk jaringan bukan hanya karena mereka mampu, akan tetapi tuntutan untk tetap lestari membuat mereka harus membuat sebuah jaringan agar mampu membagi sumber daya yg ada dan menyalurkannya.
Oleh karena itu, menurut kami, pengertian jaringan dlm biologi adalah:
Jaringan dlm ilmu biologi adlh sekumpulan sel pd organisme multiseluler yg sama yg bekerja sama dan terhubung dan bekerja sama dgn kumpulan sel lain yg berbeda ataupun sama untk membentuk organ
Bagaimana menurut kalian pengertian jaringan dlm biologi diatas? (Silahkan komentar).
Untuk lebih memahami, kami lanjutkan sedikit ke macam macam jaringan. Seperti yg telah dijelaskan bahwa jaringan (untuk saat ini) hanya dimiliki oleh organisme multiseluler. Oleh karena itu, jangan terpaku bahwa hanya ada dua jaringan saja yaitu jaringan tumbuhan dan jaringan hewan.
Sesuai pengertian jaringan diatas, jg terdapat jaringan pd jamur yg disebut sebagai hifa. Jaringan tumbuhan seperti jaringan parenkim, jaringan kolenkim, jaringan meristem, dan jaringan tumbuhan lainnya. Sedangkan jaringan hewan seperti jaringan otot, jaringan saraf, jaringan pengikat, dan jaringan pengangut.
Pengertian Jaringan dalam Biologi
Jaringan hewan - Jaringan epitelium squamosa

Pengertian Jaringan dalam Biologi
Jaringan tumbuhan
Sekian penjelasan singkat tentang pengertian jaringan dlm biologi. Baca jg pengertian sel dlm biologi

source : http://detik.com, http://news.detik.com

Share it:

Biologi

Post A Comment:

0 comments: