[Resep daging] Cara Membuat Tempe Bacem Enak

Share it:
Cara Membuat Tempe Bacem Enakterjoko.blogspot.com - , Bacem identik dgn manis pekat yg merupakan cara mengolah makanan yg berasal dari jawa tengah tepatnya yogyakarta. Bacem memiliki arti mengawetkan makanan dgn cara merendamnya dgn campuran air gula dan garam. Manfaat tempe yg akan gizi dan sebagai summber energi yg tinggi serta dpt menghindari kanker jg tak akan hilang ketika di bacem / di awetkan, jadi tak pelru khawatir akan kandungan gizi yg terdapat pd tempe menghilang ketika di olah dgn cara membacemnya. Tempe bacem sebenarnya jg sangat mudah di temukan di warung-warung pingiran kota di yogyakarta harganya yg relatif murah membuat makanan ni di gemari sebagai makanan pelengkap hidangan utama. Tapi bagi anda yg ingin mencoba rasa enak dari tempe bacem dan tak sempat ke yogyakarta anda dpt mudah membuatnya di rumah. Kesempatan hari ni akan berbagai cara sederhana membuat tempe bacem yg enak dan spesial pastinya jg manis. Membuat tempe bacem ni tak memakan waktu yg lama hanya berkisar antara 15-20 menit saja jadi langsung saja persiapkan bahan-bahannya dan ikuti cara di bawah ni yuk.

=================
Bahan Tempe Bacem :
=================
1/2 kg tempe
1/2 liter air
2 mata asam jawa
1 batar serai, memarkan /geprek
1 cm lengkuas, memarkan /geprek
2 lembar daun salam
minyak goreng secukupnya
===========
Bumbu Halus :
===========
2 sendok makan irisan gula merah
3 siung bawang putih
3 butir bawang merah
2 butir kemiri
1/2 sendok makan garam
1/2 sendok makan ketumbar

=======================
Cara Membuat Tempe Bacem :
=======================
1. Bersihkan tempe dan potong menjadii kotak memanjang. Haluskan semua bumbu halus hingga merata.
2. Siapkan panci, masukkan potongan-potongan tempe ke dlm panci kemudian masukkan dan didihkan air menggunakan api besar.
3. Masukkan air asam jawa, serai, lengkuas, daun salam dan semua bumbu halus ke dlm panci. Setelah itu aduk-aduk hingga merata.
4. Masak hingga tempe matang dan semua bumbu menyerap ke dlm tempe.
5. Setelah air menyusut habis matikan api dan panaskan minyak banyak di atas api kecil.
6. Goreng tempe yg sudah di bacem ke dlm minyak panas hingga berwarna kecoklatan dan matang.
7. Angkat dan dinginkan sebentar agar hangat lalu hidangkan.


Itulah resep mudah dan praktis dlm mengolah dan membuat tempe bacem spesial yg enak dan manis, bagi anda yg terasa kurang manis menggunakan resep di atas, bisa menambahkan gula jawa nya lagi. Tapi bagi anda penderita diabetes gula jawa dua sendok sudah cukup dan tak berbahaya bagi kesehatan dan menurut pengalaman saya sendiri dlm membuat tempe bacem jg sudah cukup gula jawa segitu. Tempe bacem jg sangat enak di hidangkan bersama keluarga di waktu makan bersama maupun waktu-waktu santai di buat cemilan, selamat mencoba dan pastikan tak terlewatkan untk membaca dan mencoba artikel resep lainnya, ada resep membuat telur bacem yg enak dan resep tahu bacem yg biasanya di hidangkan bersama resep gudeg jogja.

other source : http://detik.com, http://news.detik.com, http://jawaresep.blogspot.com

Share it:

Resep daging

Post A Comment:

0 comments: